China Sapu Bersih Gelar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2011

China akhirnya menyapu bersih semua gelar pada kejuaraan dunia bulutangkis 2011 yang berlangsung di London, Inggris. China meraih gelar pertamanya di nomor ganda putri. Final yang mempertemukan sesama pasangan China antara unggulan pertama Wang Xiaoli/Yu Yang melawan unggulan kelima Qing Tian/Zhao Yunlei. Kemenangan akhirnya diraih oleh Wang/Yu dengan skor 22-20, 21-11. Bagi Yu Yang, ini merupakan gelar juara dunia kedua beruntun setelah tahun lalu dia juga menjadi juara, namun dengan pasangan lamanya, Du Jing.

Partai kedua yang mempertemukan 2 unggulan teratas Lee Chong Wei dan Lin Dan berlangsung sangat sengit dan mendebarkan. Sejak set pertama, kejar-mengejar angka terus terjadi hingga kedudukan 20-20. Lee akhirnya merebut dua angka terakhir dan merebut set pertama 22-20. Lin Dan bermain lebih baik pada set kedua dan merebutnya dengan skor 21-14. Set penentuan kembali terjadi kejar mengejar angka. kualitas mereka sebagai dua pemain terbaik dunia benar-benar terlihat. Pada akhirnya Lin Dan lah yang keluar sebagai juara setelah mampu menyelamatkan 2 match point, memenangkan poin-poin kritis dan menutup pertandingan dengan skor  23-21. Total waktu yang mereka habiskan pada pertandingan tersebut adalah satu jam 22 menit, yang menjadi pertandingan terlama pada laga final.

Laga final selanjutnya, yaitu nomor tunggal putri yang mempertemukan Wang Yihan (China) dan Cheng Shao Chieh (Taiwan). Cheng yang pada babak semifinal tampil luar biasa saat mengalahkan Juliane Schenk (Jerman) tampak seperti dalam tekanan. Cheng sebenarnya mampu mengimbangi  Wang yang merupakan juara Indonesia Open super series premier 2011 ini pada awal set pertama. Susul-menyusul angka sempat terjadi, namun Wang tampil lebih baik dan mampu menutup set pertama 21-15. Set kedua, Wang semakin perkasa dan sebaliknya Cheng semakin tertekan sehingga banyak melakukan unforced error. Wang yihan pun akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor akhir 21-15, 21-10.

Ganda putra  Cai yun/Fu Haifeng menambah pundi-pundi gelar bagi China setelah pada laga puncakk menundukkan unggulan kelima asal Korea Selatan Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong dua set langsung 24-22, 21-16 dalam waktu 43 menit. Gelar ini merupakan gelar ketiga Cai/Fu secara beruntun setelah mereka juga meraihnya tahun 2009 dan 2010. Mereka juga pernah menjadi juara dunia pada tahun 2006.

Partai pamungkas yang paling ditunggu publik tuan rumah tentu saja nomor ganda campuran, dimana pasangan mereka Chris Adcock/Imogen Bankier berhadapan dengan unggulan pertama Zhang Nan/Zhao Yunlei. Namun usaha mereka  membendung China untuk menyapu bersih semua gelar gagal setelah mereka kalah 15-21 dan 7-21. Set pertama mereka unggul 2-0, namun pasangan China berbalik unggul 3-2. Perolehan angka selanjutnya berlangsung sangat ketat dengan selisih hanya satu poin sampai kedudukan 15-15.  Namun pasangan China mampu mengunci perolehan pasangan Inggris/Skotlandia ini dan merebut 6 poin beruntun untuk menutup set pertama. Pada set kedua pasangan China semakin diatas angin dan unggul 6-2, lalu 11-4 dan 15-5. Chris/Imogen hanya mampu menambah dua poin sebelum akhirnya pasangan China menuntaskan laga dengan skor 21-7.

Dengan hasil ini, China mengulangi superioritas mereka tahun lalu yang juga menyapu bersih semua gelar saat kejuaraan dunia dilangsungkan di Paris, Prancis. Indonesia pun mengulangi hasil yang diperoleh tahun lalu saat pulang tanpa meraih satu gelar pun.

Iklan
Categories: Sports | Tag: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: