Tunggal Putra Habis, Empat Ganda ke Perempat Final

Indonesia tidak menyisakan tunggal putra pada kejuaraan dunia bulutangkis 2011. Wakil Indonesia yang tersisa, Simon Santoso dikalahkan pebulutangkis veteran asal Denmark, Peter Gade. Melawan Peter Gade yang menjadi unggulan ketiga itu, simon kalah di set pertama dengan angka cukup ketat, 18-21. Simon bangkit pada set kedua dan meraih kemenangan dengan skor 21-14. Namun Simon tidak dapat menjaga momentum tersebut dan kalah pada set ketiga dengan skor 14-21. Dengan kalahnya Simon, habislah wakil tunggal putra pada Kejuaraan dunia tahun ini.  Taufik Hidayat tumbang sehari sebelumnya, adapun Dionysius Hayom Rumbaka sudah lebih dulu kandas pada babak pertama.

Pada nomor ganda putri, dua pasangan Indonesia lolos ke babak perempat final setelah berhasil mangalahkan lawan-lawannya. Greysia Polii/Meiliana Jauhari yang menjadi unggulan kedelapan sukses menaklukkan unggulan ke-16 asal Singapura, Shinta Mulia Sari/Yao Lei dengan skor kembar 21-13, 21-13 dalam waktu 34 menit. Sementara itu Vita Marissa/Nadya Melati mengalahkan pasangan asal Belanda Selena Piek/Iris Tabeling,  juga dengan straight set 21-11, 21-10. Pada babak perempat final, Greysia/Meiliana akan menghadapi lawan berat yaitu unggulan ketiga asal Jepang, Miyuki Maeda/Satoko Suetsuna. Pasangan Jepang itu mengalahkan kompatriotnya Matsutomo Misaki/Ayaka Takahashi dengan rubber set 18-21, 21-15, 21-17. Greysia/Meiliana sendiri kalah pada dua pertemuan terakhir dengan pasangan Jepang ini pada turnamen India super series dan Malaysia Grand Prix Gold tahun ini. Sementara itu Vita Marissa/Nadya Melati akan berhadapan dengan  Jwala Gutta/Ashwini Ponnappa (India).

Kemenangan juga diraih pasangan ganda campuran Indonesia yang tersisa, Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir. Menghadapi unggulan kesebelas asal Taiwan, Sheng Mu Lee/Chien Yu Chin, Tantowi/Liliyana menang mudah dua set langsung 21-9, 21-12. Pada babak perempat final, mereka sudah ditunggu pasangan Denmark yang menempati unggulan kelima, Joachim Ficher Nielsen/Christina Pedersen. Pasangan Denmark itu melaju setelah menang atas pasangan India, Diju Valiyaveetil/ Jwala Gutta dengan skor 21-9, 21-15.

Indonesia masih memiliki satu wakil di perempat final dari nomor ganda putra. Pasangan unggulan ketujuh Mohammad Ahsan/Bona Septano sukses mengalahkan ganda asal China unggulan kesebelas, Biao Chai/Guo Zhendong dengan skor 22-20, 21-16. Sayangnya kesuksesan mereka tidak diikuti pasangan Indonesia yang lain, Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan. mereka kalah dari pasangan Denmark Mads Conrad-Petersen/Jonas Rasmussen dalam laga tiga set 20-22, 21-13, dan 18-21.

Kejutan terjadi ketika 2 pemain unggulan asal China tumbang. Tunggal putra unggulan kedelapan Du Pengyu menyerah dari Sho Sasaki asal Jepang melalui pertandingan ketat tiga set 10-21, 24-22, 21-10. Sementara itu unggulan keempat tunggal putri asal China Jiang Yanjiao dikalahkan oleh pebulutangkis Jerman Juliane Schenk, juga melalui rubber set 21-14, 7-21, dan 21-17. Sementara itu langkah Lee Chong Wei, Lin Dan, Chen Jin, Wang Shixian, Saina Nehwal, Tine Baun, dan para pemain unggulan lainnya masih belum terhadang.

Iklan
Categories: Sports | Tag: , , , , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: